Tekan Gizi Buruk Pada Balita, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun lakukan Antisipasi Daerah Rawan Pangan di 5 Kecamatan



Acara pembukaan antisipasi daerah rawan pangan di desa Tulung, saradan     


Madiun Pojok Kiri. Kegiatan penyuluhan antisipasi daerah rawan pangan yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun dilaksanakan, di Pendopo Pertemuan Kantor Desa Tulung Kecamatan Saradan. rabu(4/4/2018).

Hadir dalam acara tersebut Kepala dinas atau yang mewakili, Camat Saradan, Kepala Desa Saradan, Narasumber dari dinas terkait dan undangan lain.

Ada sekitar 5 kecamatan yang menjadi target pelaksanaan kegiatan dari Dinas Ketahanan Pangan terkait antisipasi Daerah Rawan Pangan meliputi kecamatan Saradan, Kare, Gemarang, Dagangan dan Balerejo dengan sasaran 250 anak balita yang ada di 5 kecamatan berdasarkan data survey yang di dapatkan dari dinas terkait.

‘’Kegiatan antisipasi Daerah Rawan Pangan ini dilaksanakan di 5 kecamatan meliputi kecamatan Saradan,kare,Gemarang,Dagangan dan Balerejo. untuk sasaranya 250  balita di tiap kecamatan diambil 50 anak balita.Data anak balita didapatkan dari hasil survey dinas terkait.’’kata drh. Lilin Syarifah Aniesah selaku Kepala Dinas Ketahan Pangan saat diwawancarai diruang kerjanya usai acara.

Drh.Lilin Syarifah Aniesah Kedin. Ketahan Pangan

Terkait tujuan dari Antisipasi Daerah Rawan Pangan, drh.Lilin Syarifah Aniesah menambahkan tujuan utama dari kegiatan antisipasi daerah rawan pangan ini khususnya ditujukan  pada balita supaya balita ini bisa mendapatkan asupan gizi yang maksimal dengan cara memberikan penyuluhan kepada orang tua mengenai pemenuhan asupan gizi pada anak balitanya.
Dalam pelaksanaan teknis dilapangan, Rochan Aryonah ,SP,M.Si selaku Kabid. Ketersediaan dan Distribusi Pangan mengatakan penyuluhan yang dilaksanakan ini mengenai keluarga sadar gizi dan pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan gizi
“Pada hari ini selain kita berikan penyuluhan mengenai keluarga sadar gizi dan pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan gizi keluarga dari narasumber yang kita undang diberikan juga bingkisan  kepada setiap ibu balita berupa Susu Formula,Biscuit,Telur Keju Cheddar,Madu,Blue Band dan Kacang Hijau ,’’katanya.

Ibu dan balita saat mengikuti penyuluhan antisipasi daerah rawan pangan

Rochan Aryonah ,SP,M.Si juga menyampaikan, bingkisan yang diberikan kepada ibu balita dari masing masing tempat yang menjadi target dalam kegiatan antisipasi daerah rawan pangan dari dinas Ketahanan Pangan Kabupaten madiun disamakan semua.
Diharapkan kedepan untuk upaya yang dilakukan oleh dinas ketahanan pangan terkait antisipasi daerah rawan pangan untuk anak balita kurang asupan gizi ini bisa ditekan dan diatisipasi.
‘’dengan kegiatan ini diharapkan untuk daerah yang ada di seluruh Kabupaten Madiun terkait anak balita kekurangan asupan gizi bisa ditekan dan diatisipasi dari tahun ke tahun dengan cara selalu memberikan edukasi pada ibu mengandung serta ibu balita tentang pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang pada anak balitanya.’’terang Rochan Aryonah ,SP,M.Si (unk)
Share on Google Plus

About pojok kiri madiun raya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment