Magetan Termasuk Menjadi Pelaksanaan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka di Tahun 2018


Warga Dusun Jurang Mangu Selosari - Magetan, berbenah untuk membuktikan Ferstival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2018 di Magetan Sukses, Jum’at (13/4/2018).

Magetan Pojok Kiri – Data yang dihimpun Media ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur c.q. Dewan Kerja Daerah Jawa Timur kembali akan melaksanakan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2018.
Menurut Kepala Kelurahan Selosari Yudho Cahyono mengatakan, Pelaksanaan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur Tahun 2018 ini juga akan dilaksanakan di 11 zona yang awalnya akan dilaksanakan secara bergilir tersebar di seluruh Jawa Timur dalam selang waktu April – Mei 2018, berhubung pada bulan tersebut termasuk tahun politik akhirnya diundur pada tanggal 6 dan 7 Juli 2018 mendatang untuk Kabupaten Magetan.
“Bentuk kegiatan bakti Pramuka Penegak dan Pandega ini adalah bakti pengecatan rumah dan sarana umum, penataan lingkungan, sosialisasi pengawasan obat dan makanan, dan festival,”ucap Yudho kepada Pojok Kiri, Jum’at (13/4/2018).
Lanjutnya, Kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah pada pelaksanaan festival tahun 2018 ini berbeda dari pelaksanaan tahun 2017. Kwarcab yang menjadi tuan rumah pada tahun 2018 ini adalah Kota Surabaya, Kabupaten Magetan, Kota Batu, Kabupaten Madiun, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Kediri, Kabupaten Sampang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Jember, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Pasuruan.
“Sama seperti pelaksanaan tahun 2017, jumlah peserta pada tahun 2018 adalah 1000 orang Pramuka Penegak dan Pandega tiap zonanya. Target jumlah rumah dan sarana umum yang akan dicat minimal 100 rumah dan sarana umum,”jelas Yudho.
Ditambahkan Yudho, bagi Gugusdepan Pramuka pangkalan penegak dan pandega, dipastikan bahwa gugusdepan kalian ikut serta kegiatan bakti masyarakat ini dengan menghubungi kwartir cabang masing-masing. Bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega, dipastikan diri aktif di gugusdepan dan bisa mengikuti kegiatan khas Pramuka Jawa Timur ini.
Salah satu warga Selosari, Subiyanto mengatakan, Kabupaten Magetan menjadi salah satu tuan rumah, pelaksanaan festival tahun 2018 ini, tentunya kami sebagai warga Kelurahan Selosari siap menjadi tempat digelarnya Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2018, Ferstival akan terpusat di Dusun jurang Mangu, Kelurahan Selosari kecamatan Magetan.
“Menjelang kegiatan tersebut, Karang Taruna beserta warga Rt 01 dan Rt 02,  Rw 02 Dusun Jurang Mangu berinisiatif membuat wahana untuk daya tarik tersendiri, tempat bermainan di tempat tersebut, ini adalah hasil inisiatif warga yang urunan, untuk mempercantik tempat ini, dilakukan pengecatan di pinggiran sungai dan pemasangan ban bekas di pinggiran sungai,"ucap Subiyanto salah satu warga Kelurahan Selosari kepada Pojok Kiri, Jum’at (13/4/2018).
Lanjutnya, di lokasi tersebut juga terdapat Lubang Resapan Biopori, yang merupakan pencegah banjir, tempat pembuangan sampah Organik supaya menjadi Kompos dan menyuburkan tanaman.
“Festival dikemas dengan dengan bakti pengecatan rumah dan sarana umum sekitar 100 rumah disetiap zona akan diberikan pengecatan gratis, target jumlah rumah dan sarana umum yang akan dicat insyaallah tercapai bahkan warga setuju dengan program ini kemungkinan bisa lebih dari target yang di tentukan,”ucap Subiyanto.
Semoga dengan keegiatan tersebut nantinya dapat berdampak UMKM Jalan Sawo sebagai sektornya kerajinan kulit Kabupaten Magetan. (Lak/G.Lih)

Share on Google Plus

About pojok kiri madiun raya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment