Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Madiun Terapkan Penataan Varietas Tebu


                                   
Madiun Pojok Kiri.- Petani tebu supaya semangat untuk menggarap lahannya untuk ditanami tebu, serta  memberikan solusi  melalui bantuan bibit, hingga memberikan penyuluhan mengenai tata cara penanaman tebu  yang menguntungkan ,seperti dengan cara penataan varietas tebu, Upaya tersebut terus dilakukan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Dinas terkait untuk memfasilitasi dan mendorong para petani tebu.

‘’ pemerintah pusat sampai Dinas terkait terus memfasilitasi untuk mendorong para petani tebu supaya semangat untuk menggarap lahannya, memberikan solusi  berupa bantuan bibit,tata cara penanaman tebu yang menguntungkan salah satunya dengan cara penataan varietas tebu’’kata ,Ir.Muhammad Yasin M,Si,Kabid .Perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun saat diwawancarai diruang kerjanya,senin(2/4/2018)

Ir.Muhammad Yasin M,Si,Kabid .Perkebunan
Terkait tujuan dan hasil capaian dari cara penataan varietas tebu Ir.Muhammad Yasin M,Si,menjelaskan, penataan varietas tebu bertujuan untuk memberikan pedoman tetang pengelolaan varietas tebu yang unggul untuk peningkatan produktivitas, sehingga dalam pencapaian rendemen dari awal hingga akhir giling jadi optimal dan petani tebu pasti untung dalam panennya.

Dalam penerapan penataan varietas tebu , Suwono Kasi Pengembangan tanaman tahunan memaparkan, bahwa penataan varietas ini lebih diarahkan pada pencapaian komposisi ideal antara masak, awal tengan dan akhir atau lambat yaitu dengan prosentase 30-40-30%. Selain itu untuk lahan juga perlu diperhatikan untuk peningkatan produktivitas tebu mulai dari pengolahan tanah ,karakter tekstur tanah, sisitem pengairan hingga status drainase.

Suwono Kasi Pengembangan tanaman tahunan
Untuk kemasakan varietas tebu, ada empat macam tipe kemasakan antara lain tipe maska awal ,masak awal tengah, masak tengah dan masak lambat, tipe kemasakan tebu ini berkaitan denga bibit yang di tanam sesuai dengan masanya seperti contoh masak lambat menggunakan Bululawang,PS 864,GMP3.
Selain itu juga dalam kegiatan penataan tebu terkait kemasakan varietas  tersebut diperlukan suatu komposisi yang seimbang,hal tersebut dimaksudkan agar rendemen awal hingga akhir giling bisa maksimal.
Dengan penerapan penataan varietas tebu yang dilakukan berdasarkan aturan serta tata cara yang benar bagi petani akan bisa lebih beruntung , karena hal tersebut berkaitan dengan peningkatan hasil panen dan juga mampu menghasilkan rendemen yang lebih tinggi. Hal tersebut yang di sampaikan Suwono Kasi Pengembangan tanaman tahunan. (unk)
Share on Google Plus

About pojok kiri madiun raya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment