Baja Penyangga Hampir Putus, Jembatan Jalan Nasional Cukup Di Las.

Kondisi baja penyangga jembatan hampir putus
Lumajang, Pojok Kiri,
Lemahnya pengawasan UPT Pengelolaan jalan dan Jembatan Probolinggo DPU Binamarga Jatim yang meliputi wilayah kerja di Kab Lumajang, disesalkan sejumlah Masyarakat Lumajang, Pasalnya Jembatan utama jalan penghubung Desa Wonorejo Kec. Kedungjajang dengan Desa Selok Besuki Kec. Sukodono mengalami kerusakan yang fatal pada baja penyangga utama bagian selatan ruas bagian barat.

Lempengan baja sebagai penyangga jembatan tersebut hampir putus, dan sejumlah baja penyangga lainnya juga mengalami hal yang sama, beruntung kerusakan tersebut segera diketahui sehingga pembatasan lalu lalang kendaraan bisa diminimalisir.

"Masih untung bisa diketahui, seandainya dibiarkan seperti jembatan yang sebelahnya yang dulu pernah roboh saat ada kendaraan yang lewat, kan kasihan bisa memakan korban",Ucap, Sutikno Warga Lumajang yang bekerja di Kab. Gersik sesaat setelah melintas jembatan yang melintang di Sungai Bondoyudo tersebut, Kamis (5/4/2018).
Perbaikan dengan cara di Las

Belum diketahui pasti penyebap kondisi retaknya baja penyangga jembatan Bondoyudo tersebut, entah kendaraan yang melebihi tonase atau memang kwalitas baja penyangganya yang kurang bagus, yang pasti petugas terkait DPU Binamarga Provinsi Jatim, Dishub Provinsi Jatim, Dishub Kab. Lumajang, melakukan uji kelayakan pasca dilakukan pengelasan terhadap baja yang retak.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Lumajang untuk melakukan pengalihan kendaraan besar, agar sementara melalui JLT",Ujar Kadishub Kab. Lumajang Drs. Sugeng Priyano.

Kondisi demikian bakal dilakukan kelayakan ulang dari dinas terkait untuk melakukan pengecekan ulang, terkait kekuatan jembatan pasca dilakukan pengelasan ulang.

"Tadi malam sudah dilakukan pengelasan setelah dilakukan pengecekan dari Kementrian Binamarga, sekarang dilakukan pengelasan ulang",Paparnya.

Sugeng tidak berani memastikan kerusakan pada baja penyangga jembatan disebabkan oleh sesuatu hal, namun pihaknya berharap setelah dilakukan perbaikan dengan hanya di Las pada baja yang pecah diharapkan, jembatan bisa dipergunakan seperti biasanya.

"Kami berharap setelah ini jembatan bisa dilalui seperti biasanya",Pungkasnya. (bas).
Share on Google Plus

About pojokkiri lumajang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment