Situs Calon Arang, Desa Sukorejo, Kediri, Dirusak Orang Tak Dikenal


Situs arca Calon arang, Kediri


Kediri, Pojok Kiri
     Situs Calon Arang yang diyakini masyarakat sebagai tempat bersejarah peninggalan leluhur berlokasi di tengah areal pesawahan Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur kondisinya berantakan, beberapa arca dibuang tidak jauh dari lokasi dan bangunan dihancurkan oleh orang tidak dikenal (misterius).
     Selain dirusak, pada lantai semen tempat ziarah juga terdapat tulisan, “INI BUKAN TEMPAT DI PUJA, INGAT ALLAH MURKA SEPERTI ACEH SUNAMI”, tulisan ini digores dengan arang sisa dari pembakaran kemenyan.
     “ Tempat bersejarah yang harusnya dipelihara dan dirawat, dirusak. Masalah kepercayaan semua itu tergantung keyakinan masing-masing dan jangan memaksakan kehendak yang menimbulkan ketidak nyamanan orang lain, “ ujar Jumangin seorang pemerhati situs peninggalan bersejarah asal Pare Kediri kepada koran ini Senin (24/07).
     Sementara itu menurut keterangan Mbah Suyono juru pelihara situs, bahwa keberadaan Situs Calon Arang sebenarnya tidak mengganggu lingkungan. Hal ini karena lokasi Situs berada di tengah persawahan.
     “Kejadiannya diperkirakan Sabtu (22/07/2017) sore. Karena siang, saya masih ada di lokasi dan masih utuh. Saya malam datang lagi dengan tamu ternyata sudah dalam kondisi berantakan dan ada tulisan seperti itu. Akhirnya saya mengajak Pak RT untuk lapor ke Polsek Gurah,” ungkap Mbah Suyono.
     Selain itu untuk menindak lanjuti laporan juru kunci pelihara situs tersebut kemudian Pihak petugas Polsek Gurah mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan. 
     “Kami akan melakukan koordinasi dengan pihak pengelolaan dan legalitas lokasi yang diyakini sebagai situs calon arang ini. Baru setelah nanti ada rekomendasi dari dinas terkait, maka akan dilakukan tindak lanjut penyelidikan.” pungkas Iptu R Budi Lartono Wakapolsek Gurah. (sendi/roy)

Share on Google Plus

About Redaksi Pojok Kiri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment