Proyek Dinding Penahan Jembatan Ki Ronggo Ambrol, 3 Pekerja Tertimbun Tanah

Penulis: Muhammad Sodiq 
Suasana evakuasi korban tertimbun materialan proyek. (diq)
Bondowoso, Pojok Kiri- Dinding Penahan Jembatan (abotmen) pada Proyek Peningkatan Jembatan Ki Ronggo Bondowoso, ambrol saat dikerjakan. Penyebabnya, kemungkinan karena rekanan pelaksana tidak memperhatiakan struktur tanah, saat melakukan aktifitas pekerjaan.

Akibatnya kejadian itu, 3 pekerja tertimbun tanah yang ambrol. Masing-masing adalah Pak To, warga Desa Badian, Topan warga Desa Kembang dan Sipol warga Desa Paleran.

“Satu Pekerja anak baru, baru kemarin bekerja disini mas,” kata Surapi, saat evakuasi korban di lokasi proyek, Senin (31/07/2017).

Insiden ini terjadi sekitar pukul 09.30 Wib, saat pekerja melakukan aktifitasnya. Beruntung, ketiga korban berhasil diselamatkan, meskipun evakuasi sedikit lamban. Karena terkendala peralatan saat evakuasi. Setelah dievakuasi, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara, Bondowoso, untuk mendapatkan pertolongan.

Tampak sekali, sejumlah jajaran Muspida hadir di lokasi proyek saat evakuasi tubuh korban yang tertimbun tanah ambrol, Kapolres Taufik AKBP HZ dan Dandim 0822 Bondowoso, Letkol (Inf) Tarmuji.

H Karna Suswandi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bondowoso, yang juga turun ke lokasi mengatakan, bahwa kejadian itu bukanlah faktor kecelakaan kerja. Namun menurutnya, kejadian itu akibat bencana alam, dimungkinkan kondisi tanah yang labil. 

"Pekerjaan Abotmen ini, sebagai penahan Jembatan. Kemungkinan faktor tanah sudah labil. Sehingga terjadi longsor pada saat pekerjaan berlangsung,” ujar Karna, panggilan akrab pejabat eselon II ini.

Karna juga mengaku, para korban yang tertimpa longsor itu sudah diasuransikan oleh Pemerintah Daerah. Sehingga semua biaya pengobatan dan perawatan, ditanggung.

Perlu diketahui, kegiatan ini adalah Proyek Peningkatan (Pendukung) Jembatan Ki Ronggo berupa, kegiatan dinding penahan jembatan (abotmen). Besaran anggaran mencapai Rp3,9 Miliar dari APBD Kabupaten Bondowoso Tahun 2017, dikerjakan oleh PT Citra Pembangunan selaku pemenang lelang. (diq/ lah) 
Share on Google Plus

About PeKa Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment