Permintaan Ekspor Jahe Meningkat, Kades Kayumas Akan Bantu Permodalan Lewat BUMDes

Penulis: Ricky DC
Kades Abdul Jalil, menunjukkan hasil panen jahe gajah di desanya. (ric)
Situbondo, Pojok Kiri- Pemerintah Desa (Pemdes) Kayumas terus berupaya mengembangkan konsep Desa Agrowisata. Setelah berhasil mengenalkan hasil panen perkebunan kopi dan wisata ke kancah dunia. Kini desa yang berada di ujung selatan Kecamatan Arjasa, tengah fokus mengembangkan pertanian jahe gajah.

Sejak tahun 2008, desa yang menjadi bagian dari segitiga emas wisata Kawah Ijen, sudah berhasil menjual hasil panen Jahe Gajah ke pasar internasional. Bahkan, tidak sedikit pembeli dari luar negeri datang langsung ke Desa Kayumas. Untuk melihat langsung panen raya jahe gajah, yang biasanya dimulai bulan Mei hingga Desember.

Selain hasil panen melimpah dan mampu mencapai target 20.000 ton setahun. Jahe Gajah asal Kayumas memiliki keunggulan. Sehingga, tidak heran jika hasil panen Jahe Gajah itu, memiliki nilai tambahan khusus di pasar internasional.

Kepala Desa (Kades) Kayumas, Abdul Jalil memaparkan, jumlah 2470 Kepala Keluarga (KK) di desanya, hampir seluruhnya membudidayakan Jahe Gajah. “Kalau petani kopi, mungkin hanya 40 persen saja. Karena membutuhkan udara yang sejuk. Kalau Jahe, semua kawasan Desa Kayumas pasti ada, dan jumlahnya cukup besar,” paparnya.

Untuk memaksimalkan potensi Jahe Gajah, Kades Jalil berencana mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pengolahan pertanian hingga penjualan. “Harapan kami, Pemdes Kayumas nantinya akan membantu petani jahe dari sisi permodalan. Jika itu bisa dilakukan, kami yakin hasil panen akan semakin meningkat, begitu juga dengan kesejahteraan petani,” katanya.

Sebab selama ini, pihaknya belum mampu memenuhi kebutuhan pasar internasional, yang berkisar 1.200 ton perminggu. “Biasanya, hasil panen Jahe Gajah ini diekspor ke negara Pakistan, India, Arab Saudi, Bangladesh, dan beberapa negara di Eropa. Sayangnya, jahe dari Kayumas tidak cukup untuk memenuhi permintaan pasar,” ujarnya lagi. (ric/ lah)
Share on Google Plus

About PeKa Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment