Peresmian PT BIP Memakan Korban Jiwa , Satu Karyawan Tewas Tergilas Mesin, Ini Penyebabnya

Jenasah korban di rumah sakit
Bondowoso, Pojok Kiri- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, meresmikan perusahaan Bondowoso Indah Plywood, Sabtu (29/07/2017) lalu. Pabrik pengolahan kayu yang berada di Desa Pakauman Kecamatan Grujugan itu, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat Bondowoso.

“Luasnya mencapai 3,2 hektar. Di Jawa Timur, baru satu pabrik pengolahan kayu milik BUMN, yang besar seperti ini,” kata Plt. Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN, Fajar Yudisiawan, usai meresmikan Bondowoso Indah Plywood (BIP).

Fajar Yudisiawan mengemukakan, perusahaan milik BUMN ini, memiliki kapasitas produksi mencapai 24 ribu meter kubik pertahun, dan akan ditingkatkan hingga 30 ribu meter kubik pertahun. Sedangkan untuk kebutuhan bahan baku, Fajar mengaku memprioritaskan bahan baku milik masyarakat Bondowoso.
 
suasana peresmian PT BIP oleh Kementrian BUMN RI. (sam)
“Saat ini kita memiliki 250 karyawan yang berasal dari Bondowoso, nantinya akan kita tingkatkan menjadi 600 tenaga kerja, tentunya kita ambil tenaga lokal Bondowoso. Bahan bakunya juga dari Bondowoso. Kita bangun perusahaan di Bondowoso memang untuk mendekati bahan baku,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, yang juga hadir dalam acara peresmian tersebut mengatakan, bahwa keberadaan industri plywood akan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Bondowoso secara keseluruhan.

Mengingat, para karyawan BIP berasal dari masyarakat lokal Bondowoso, bahan baku pun juga diprioritaskan milik masyarakat Bondowoso. “Ini akan mampu memicu percepatan ekonomi di Bondowoso. Karena keberadaan industri memang berdampak multiplier effect,” tegasnya.

Pantauan Pojok Kiri, Peresmian BIP ini sekaligus, melepas ekspor perdana ke Singapura sebanyak satu kontainer plywood. 

Beberapa saat usai peresmian Bondowoso Indah Plywood (BIP), terjadi tragedi kecelakaan kerja yang menewaskan satu karyawannya. Nahas menimpa Adis Wiryanto (22), warga Dsun Jatian, RT. 10/03 Desa Jatisari Kecamatan Wringin, Sabtu (29/07/2017) sore.

Korban yang bekerja di PT BIP pada bagian mesin, tersangkut mesin penggilas saat sedang membersihkan lem mesin.

“Setelah kita melakukan olah TKP di PT BIP. Dari keterangan saksi, korban bekerja sambil bergurau. Sehingga sikat yang digunakan korban, untuk membersihkan mesin terjatuh. Saat akan mengambil sikat inilah, korban terpleset dan tergilas mesin,” kata Kapolsek Grujugan, Iptu Iswahyudi, saat dikonfirmasi, Minggu (30/07/2017).

Korban langsung dievakuasi dan dilarikan ke RSUD Koesnadi Bondowoso. Namu sayangnya, korban meregang nyawa dalam perjalanan. Sekitar pukul 20.00 Wib, setelah dilakukan visum, korban dijemput pihak keluarga di ruang jenazah RSUD Koesnadi, untuk disemayamkan di rumah duka.

“Korban akan disemayamkan pagi ini (kemarin, red), sekitar pukul 08.00 WIB. Saya bersama Direktur Perusahaan BIP, akan hadir saat pemakaman,” ujarnya.

Iswahyudi menjelaskan, pihak perusahaan telah mendatangi rumah korban dan memberikan santunan, serta hak-hak korban. Karena korban sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan juga akan menanggung seluruh biaya rumah sakit, pemakaman hingga biaya tahlilan selama tujuh hari.

“Semalam saya bersama Direktur Perusahaan BIP datang ke rumah korban dan menyampaikan santunan dan hak-hak korban. Karena korban juga terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan menanggung semua biaya mulai dari rumah sakit, pemakaman dan biaya tahlil selama tujuh hari,” tegasnya.

Kecelakaan kerja ini terjadi, sesaat setelah peresmian PT BIP yang terletak di Dusun Daringan Desa Pekauman Kecamatan Grujugan. Perusahaan yang berdiri di atas lahan seluas 3,2 hektar ini merupakan industri pengolahan kayu, milik BUMN RI. Sementara pekerjanya, sebanyak 250 orang dari daerah setempat. (ris/ sam/ lah)
Share on Google Plus

About Pojok kiri Online

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment