Pengusaha di Kedua Negara Ini adalah Sasaran Korban Ke 93 WNA yang ditangkap Polisi



para pelaku saat di grebek tim gabungan

Surabaya, Pojok Kiri - Penggerebekan di Perumahan Elit Graha Family tepatnya di Mutiara Golf Blok N 1, Surabaya yang dilakukan Mabes Polri, Polda Jawa Timur dan Kepolisian China, berhasil menangkap 92 warga China dan Taiwan, 1 warga negara Malasya. Sebanyak 93 WNA ini, ditangkap dengan tuduhan penipuan yang  mereka lakukan di China dan Taiwan.

Ketua Tim Satgas Khusus Mabes Polri, AKBP Susantyo Purnomo Condro mengatakan para pelaku tersebut adalah sindikat penipuan di China dan Taiwan. Modus yang dilakukan para WNA ini adalah dengan cara membobol data nasabah beberapa bank di China dan Taiwan dari Surabaya. "Setelah mendapatkan informasi calon korbannya yang kebanyakan pengusaha atau pejabat, para pelaku menghubungi korbannya dari Surabaya," jelas Condro, Sabtu (29/7/2017), dilokasi kejadian.

peralatan para pelaku Cyber Crime yang diamankan petugas
Masih kata Chondro, Operator telepon sengaja dari Surabaya agar mereka sulit dilacak kepolisian di China atau Taiwan. Namun berbekal laporan beberapa korban, kepolisian China lantas menelusuri nomor telepon dan bekerjasama dengan kepolisian Indonesia untuk melakukan penangkapan. "Mereka ini kerap kali berpindah-pindah tempat, kami sudah melakukan penggerebekan di empat titik berbeda. Bahkan ada tempat baru yang akan digunakan para sindikat ini," tambah Condro. 

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak ratusan polisi yang terdiri dari Tim Satgas Khusus Bareskrim Mabes Polri, Polres Depok, Polda jatim, Polrestabes Surabaya yang bekerja sama dengan Kepolisian China melakukan penggerebekan Cyber Crime di Perumahan elit Graha Family Surabaya pad Sabtu (29/7/2017) malam. (Jem)
Share on Google Plus

About Pojok kiri Online

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment