Hilangkan Komersialisasi Pendidikan Dalam Berbagai Modus

Foto : H.  Agung Priyanto,SE.MM. Anggota DPRD Kab. Ponorogo 

Ponorogo, Pojok Kiri.-Semangat dalam mendidik siswa dengan terjun langsung ke tempat tempat bersejarah mendapat dukungan penuh dari H.  Agung Priyanto,SE.MM. Anggota DPRD Kab. Ponorogo ini dikonfirmasi di gedung DPRD Ponorogo Kamis (20/7) menilai study tour penting untuk menggali sejarah. "Pergi ke borobudur keraton pantai atau tempat wisata lainnya konsepnya harus benar benar mendidik." ujarnya. 

Dirinya melihat bagaimana mantan presiden Amerika Barack Obama susah payah mendatangi Candi Prambanan maupun Borobudur untuk belajar menggali sejarah. " Ini bukti bahwa peradaban peninggalan sejarah Indonesia luar biasa. Menjadikan anak didik bangsa bangga jangan sampai disepelekan" jelasnya. 

Agung mewarning bagi semua jangan main main dengan istilah tamasya atau tour.  Dengan berbagai modus yang justru menjadikan ruh dari tour di sekolah terlepas dari unsur belajar dan belajar. 

Dirinya menyebut Nation caracter building sangat bisa dilakukan dengan model study tour. "Jangan ada x dan y. Mind set pikiran harus dibangun untuk sarana pendidikan." bebernya. 

Komersialisasi pendidikan harus dihilangkan. "Jangan semua pragmatisme harus membuat idealisme" pungkasnya. 

Disisi lain dirinya melihat banyak sekolah yang mulai kehilangan semangat dalam memaknai tour hanya wisata senang senang belaka. Bahkan sebagian justru mengenalkan budaya negatif yang tentunya bahaya terhadap pelajar. 

Terkesan adanya tujuan tour yang jauh yang dianggap modern ke wahana modern justru dianggapnya sebagai suatu yang tidak berguna.  Mengajarkan materialisme pragmatisme. Terlebih lagi biaya yang mahal tentu akan semakin membebani wali murid sebagai penyokong utama dalam pendanaan siswa. " Anak yang tujuannya utama masuk dalam komunitas sekolah. Terpaksa ditambahi biaya yang tidak penting dan mahal akhirnya berdampak ke yang lainnya" tuturnya. 

Dirinya berharap kedepan sekolah lebih menentukan tujuan tour untuk belajar tentang kekayaan alam nilai sejarah bangsa Indonesia yang luar biasa.(joe) 
Share on Google Plus

About pojok kiri madiun raya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment