AKP Heru, Wakapolsek warujayeng, sosok Polisi yang berbakti pada ibu kandungnya


AKP Heru Cahyono, Wakapolsek Warujayeng


Nganjuk, Pojok Kiri
     Seorang anak, meskipun telah berkeluarga, tetap wajib berbakti kepada kedua orang tuanya. Kewajiban ini tidaklah gugur bila seseorang telah berkeluarga. Namun sangat disayangkan, betapa banyak orang yang sudah berkeluarga lalu mereka meninggalkan kewajiban ini. 
     Jalan yang benar dalam menggapai ridha Allah ‘Azza wa Jalla melalui orang tua adalah birrul walidain. Birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua) merupakan salah satu masalah penting dalam Islam. Di dalam Al-Qur’an, setelah memerintahkan manusia untuk bertauhid, Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkan untuk berbakti kepada orang tuanya.
     Berbakti kepada kedua orang tua, yaitu menyampaikan setiap kebaikan kepada keduanya semampu kita dan bila memungkinkan mencegah gangguan kepada keduanya. Menurut Ibnu ‘Athiyah, kita juga wajib mentaati keduanya dalam hal-hal yang mubah (yang diperbolehkan syari’at), dan harus mengikuti apa-apa yang diperintahkan keduanya dan menjauhi apa-apa yang dilarang (selama tidak melanggar batasan-batasan Allah ‘Azza wa Jalla).
     Sedangkan durhaka dan tidak berbakti ('uququl walidain) adalah gangguan yang ditimbulkan seorang anak terhadap keduanya, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Contoh gangguan berupa perkataan, yaitu mengucapkan “ah” atau “cis”, berkata dengan kalimat yang keras atau menyakitkan hati, menggertak, mencaci maki dan lain-lain.
     Sedangkan yang berupa perbuatan adalah berlaku kasar, seperti memukul dengan tangan atau kaki bila orang tua menginginkan sesuatu atau menyuruh untuk memenuhi keinginannya, membenci, tidak mempedulikan, tidak bersilaturrahim, atau tidak memberi nafkah kepada kedua orang tuanya yang miskin.
     AKP Heru Cahyono, adalah seorang Wakapolsekjuga juara III lomba Stand Up Comedy di Polres Nganjuk, dengan ibu kandung sakit stroke, merawat dan mengantarkan berobat terapi dengan menggendong ibunya, ini yang bisa di contoh bagi almamater Kepolisian pada umumnya dan pada khusunya berbakti pada Nusa dan Bangsa.
     “Pada dasarnya, pak heru sudah dapat membagi tugasnya dengan baik, dan dengan bijaksana bisa dapat kategori juara lomba Stand Up Comedy di Polres Nganjuk, Kebanggan sendiri bagi anggota di jajaran Mapolsek Warujayeng, “ pungkas Kompol Edi hariadi pada wartawan. (roy)
Share on Google Plus

About Redaksi Pojok Kiri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment